Pendaftaran
PascsarjanaUniversitas Wahid Hasyim

Berita Pascasarjana

Hari Santri, 22 Oktober 2018
04 Agustus 2019

Selamat Hari Santri

Sebagai seorang santri maka kita wajib melestarikan tradisi ke NU-an dan pesantren, istilah santri hanya ada di Indonesia dan sangat khas Jawa, santri adalah murid dari aulia atau para ulama.

Sarung yang dipakai para santri adalah simbol kesantrian murid para ulama yang menjunjung tinggi nilai-nilai pesantren. Maka Upacara hari santri dikalangan akademisi dengan memakai sarung adalah simbol akademisi yang menjunjung tinggi nilai-nilai pesantren, karena pada saat ini dalam dunia akademisi dikhawatirkan terlalu menjunjung nilai rasionalitas dengan filsafat barat sebagai paradigma berfikir yang sering menghilangkan nilai spiritualitas. Maka menjadi kewajiban satri dikalangan akademisi untuk menyeimbangkan antara rasional dan spiritual sebagai bentuk keseimbangan yang menjadi kekuatan besar dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia dan pengembangan budaya akademik yang menjadi ciri khas UNWAHAS. Oleh karenanya kalangan akademisi harus bisa mengintegrasikan keilmuan agama dan umum dengan nilai ubudiyah dan muamalah yang seimbang dalam mengimplementasikan manusia sebagai khalifah fi ardh.

Semoga dengan hari santri kita bisa menanamkan kembali nilai-nilai ibadah dan muamalah untuk lebih bertaqwa dan bermanfaat di segala bidang.

Bersama santri damailah negeri.


Image placeholder
by. Dr. Sari Hernawati, S.Ag., M. Pd
Minggu,2019-08-04