Pendaftaran
PascsarjanaUniversitas Wahid Hasyim

Profil Pascasarjana

Sejarah Pascasarjana

Didalam Anggaran Dasar Nahdlatul Ulama Bab iV Pasal 6 ditetapkan bawah dalam upaya mencapai tujuan Nahdlatul Ulama salah satu usahanya adalah dibidang pendidikan,pengajaran dan kebudayaan. Untuk terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan kebudayaan sesuai dengan ajaran Islam, sehingga mampu membina dan mengembangkan manusia muslim dan bertaqwa, berbudi luhur, berpengetahuan luas dan terampil, serta berguna bagi agama,bangsa dan negara , perlu dilakukan melaui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Keputusan ini ternyata sudah diamantkan dalam setiap muktamar NU maupun konferensi-konferensi wilayah yang dituangkan dalam setiap program kerjanya.

Untuk merealisasikan amanat tersebut, pada tanggal 7 mei 1999 di Semarang didirikanlah Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Jawa Tengah yang disahkan dengan Akte Notaris Tri Joko Subandrio ,SH nomor 13 Tahun 1999 tertanggal 7 Mei 1999.
Yayasan tersebut melakukan persiapan untuk berdirinya sebuah perguruan tinggi dan langkah awal disepakati pendirian Politeknik Nahdlatul Ulama yang selanjutnya dikembangkan menjadi universitas NU

Program Magister Pascasarjana
GELAR AKADEMIK
Gelar akademik Program Magister Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang, memberikan gelar akademik M.Pd. untuk lulusan Magister Pendidikan Agama Islam dan M.Sy. untuk Hukum Ekonomi Syari’ah.
WAKTU PERKULIAHAN
Regular: Senin, Selasa, Rabu dan Kamis
Akhir Pekan : Jum’at, Sabtu dan Ahad

Visi

Menjadi Program Doktor yang unggul dalam mentransmisikan ilmu-ilmu ke-Islaman berbasis Ahl-Sunnah wal-Jama’ah An-Nahdliyah dengan menguasai, menemukan dan mendiseminasikan teori-teori dan model Pendidikan Agama Islam Nusantara

Misi

Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan magister yang memiliki keunggulan kompetitif dalam ilmu-ilmu dan IPTEKS yang berkarakter Aswaja bertaraf nasional dan internasional

Menyelenggarakan dan mengembangkan kajian,penelitian dan merintis penemuan serta mempublikasikan ilmu-ilmu keislaman dan IPTEKS yang berkarakter Aswaja

Tujuan 

 

(1) Tujuan Umum:

Menghasilkan magister yang profesional

 

(2) Tujuan Khusus:

Mewujudkan keunggulan pendidikan dan pengajaran magister yang berkelas nasional dan internasional 

Sambutan Direktur Pascasarjana

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) merupakan perguruan tinggi yang bernaung dibawah Yayasan Wahid hasyim Semarang. Unwahas didedikasi secara terbuka untuk semua kalangan dalam peningkatan sumber daya manusia yang professional, bertakwa dan berbudaya. Unwahas dikelola secara modern dan professional, ditunjang dengan sarana dan prasarana milik sendiri serta didukung infrastruktur kegiatan akademik yang lengkap dan inovatif.

Jaringan kerjasama yang aktif terus dirilis dan dibina dengan berbagai perguruan tinggi negeri baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerjasama juga terus dikembangkan dengan perguruan tinggi di luar negeri, lembaga pemerintah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, Kementrian luar Negeri, Otoritas Jasa keuangan (OJK), kmentrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementrian pembangunan Daerah Tertinggal, lembaga riset, organisasi masyarakat dan polotik serta berbagai perusahaan pengguna lulusan.

Segenap civitas akademika Universitas Wahid Hasyim mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Jawa Tengah pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya, yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Wahid Hasyim untuk menempa dan menitipkan putra-putri dan keluarganya di Universitas Wahid Hasyim. Slogan kami yaitu Universitas Wahid Hasyim akan mencetak intelektual yang berkarakter. Sebagai kampus rakyat, siapa saja bias kuliah di Unwahas. Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah dan rahmat-Nya kepada kita semua.

Dengan slogan kami Intelektual yang Berkarakter mari bergabung dengan Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pimpinan Pascasarjana

Tenaga Pendidik Pascasarjana